Cara mengerem yang benar pada kendaraan

Cara mengerem yang benar pada kendaraan bermotor



Sebagai pengguna sepeda motor pasti kita akan sering melakukan pengereman saat berkendara . Karena dengan melakukan pengereman pastinya kita akan menghambat laju kndaraan yang kencang , atau mengurangi kecepatan pada laju kendaraan. 

Langkah yang sering kita lakukan saat mengerem adalah rem belakang dulu baru depan atau hanya menggunakan rem belakang saja. Iya kan sobat . Dan tahukah kamu sebenarnya teknik pengereman seperti itu adalah salah besar . Dan di Indonesia ini kesalah kaprahan ini sudah umum dilakukan.

Lalu bagai manakah cara mengerem yang benar pada kendaraan bermotor ??

Teknik yang benar saat mengerem adalah kurang lebih 70% 30% . Yang diawali oleh rem depan. Kenapa rem depan duluan yang ditekan ??. Karena ini akan lebih efektif menghentikan laju kendaraan bermotor . Bede dengan bila rem belakang dulu yg ditekan atau bahkan cuma rem belakan . Ini kurang efektif apa lagi kalau rem mendadak . Ban belakang juga bisa oleng .

Namun sebaliknya akan lebih cepat berhenti bila kita menggunakan rem depan dulu yg ditekan kemudian diikuti rem belakang. Melakukan pengereman juga jangan menggunakan salah satu rem saja . Karena pasti jauh lebih tidak efektif . Perusahan sudah membiri setandar keselamatan dengan menberikan dua rem yaitu depan dan belakang , dan harus digunakan bagi pengendara.
Ini pernah terjadi pada diri saya saat itu didepan saya ada mobil dan saya sudah mengerem dengan rem belakang dulu lalu depan dan akhirnya nyondol juga.

Prinsipnya yaitu seperti kita menahan laju laju sebuah barang atau kta contohnya troli . Kalau kita menahan troli tersebut akan lebih mudah dan lebih cepat berhenti dari pada kita menahannya dari belakang pasti akan lebih sulit dan tentunya tidak langsung berhenti.

Itulah cara pengereaman yang baik dan benara sobat.

0 Response to "Cara mengerem yang benar pada kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel