Penyebab kendaraan bersuara kasar dan solusinya

Penyebab kendaraan bersuara kasar

Kendaraan yang baru apa lagi yang baru keluar dari dealer pasti memiliki suara yang halus dan nyaman saat dibawa berkendara. Namun yang pasti kendaraan bermotor lama kelamaan pasti ada masalah yang timbul entah itu sedikit atau banyak.

Apa lagi kendaraan bermotor yang dibuat berkendara setiap hari ,dan membawa beban yang berat. Begitu juga buat kendaraan yang suka di bawa touring. Salah satu masalah yg sering timbul yaitu ada suara kasar pada kendaraan bermotor.

Kebanyakan orang awam yang taunya hanya memakai ini adalah yang yang biasa dan sering saya lihat . Banyak orang yang mengabaikannya . Yang penting masih bisa dibawa jalan . Pdahal inj salah besar karena  yang pasti bila tombul suara kasar ini pasti ada kerusakan dan bila dibiatkan pasti akan merembet ke part yang lainnya.

Apa penyebabnaya ..??

Penyebab kendaraan bersuara kasar tergantung dengan sumber suara tersebut. Namun yang pasti adalah adanya ke ausan dan kurangnya pelumasan pada bagian tersebut. Part yang seharusnya menempel drngan kencang dan lancar ketika berputar akan menjadi oblak dan seret.

Terus bagaimana mengatasinya..??

Mengatasinya tergantung dengan bagian yang bersuara kasar. Disini saya akan menyebutkan tiga bagian yang sering bersuara kasar dan berakibat vatal bila diabaikan.

Yang pertama adalah pada rantai dan van belt . Pada bagian ini penyebabnya adalah rantai yang aus dan kurangnya pelumasan pada rantai tersebut. Begitu juga pada vanbelt adalah keausan dan kuarangnya pelumasan . Bila ini di biarkan akan menyebabkan rantai atau vanbelt bisa terputus di tengah jaln . Cara mengatasinya yaitu dengan dengan melumasinya dengan pelumas khusus rantai atau vanbelt . Pada rantai bisa dengan oli bekas . Tapi ini tidak dianjurkan. Bila kendor dikencangkan namun jangan terlalu kencang . Bila harus diganti segera diganti saja.

Yang ke dua adalah pada mesin kendaraan . Dibagian ini ada dua sumber suara yg timbul bisa karna di mesinnya atau pada klepnya. Bila pada mesinnya yaitu karena sudah waktunya mengganti oli. Bila ini dibiarkan bisa merusak mesin . Dan yang paling parahnya harus membongkar mesin bila sampai oli mesin kering . Cara mengatasinya adalah dengan mengganti oli mesin tersebut. Idealnya mengganti oli mesin adalah dua bulan sekali . Tapi bila kendaraan sering dibuat turing atau membawa beban berat bisa sebulan sekali atau setelah dibawa turing jarak jauh segera siganti olinya.

Yang ketiga adalah pada bagian mesin yaitu pada klep . Tandanya adalah adanya suara kemercik pada bagian mesin . Penyebabnya adalah karena klep sudah aus atau karnena harus disetting lagi . Cara mengatasinya yaitu dengan mensetting lagi klep tersebut. Bila klep suadaj aus bisa diatasi dengan di sekur . Dan bila sudah aus rusak dan harus diganti sebaiknya segera diganti.

Semua itu bisa diatasi dengan seringnya mengecek semua bagian kendaraan dan merawatnya dengan sungguh sungguh.

Sekian tips dari saya. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artike



2 Responses to "Penyebab kendaraan bersuara kasar dan solusinya"

  1. aku pernah motorku bersuara berisik dan ternyata itu berasal dari rantai, terkadang risih juga kalau ga di service, dan akhirnya aku service aja deh.

    baru tau saat itu juga kalau itu rantenya, tapi yang pastinya kedepannya aku bisa ganti sendiri hehe

    ReplyDelete
  2. Sip gan kalo masih bisa dilakukan sendiri lebih baik diprbaiki sendiri lebih teliti

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel