Categories: tips n trik

Penyebab Aki Tekor

Penyebab Aki Tekor
image : otomotifnet.com


Aki adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan seperti elektrik starter klakson dan lain sebagainya. Seperti komponen yang lain pada kendaraan, aki lambat laun akan turun performanya apa lagi kalau penggunaannya tidak sesuai setandart. Seperti memodifikasi beberapa alat kelistrikan.

Penururan performa aki ditandai dengan aki tekor atau tegangan aki yang lemah. Jika aki tekor dapat menyebabkan beberapa komponen kelistrikan tidak dapat berfungsi sebagaimana semestinya bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.
Masalah ini sering sekali dialami oleh para pengguna sepeda motor. Namun sebelum sobat mengganti aki motor tekor dengan yang baru sebaiknya sobat cari dulu masalah atau penyebab sebenarnya yang membuat aki tekor. Kalo sobat lamgsung menggantinya bisa saja aki yang baru anda ganti ikutan tekor juga.
Sebenarnya ada banyak faktor yamg mempengaruhi aki motor cepet tekor. Terutama bagi sobat yang suka memodifikasi kendaraan dengan menambah atau mengganti aksesoris kelistrikan motor seperti mengganti klakson dengan klakson keong , mengganti lampu dengab HID , dan lain sebagainya tanpa memikirkan sistem kelistrikan .
Kali ini saya hanya akan membahas beberapa penyab aki tekor yang umum dan sering terjadi pada pengguna sepeda motor.
Baiklah langsung saja ini beberapa penyebab aki tekor :
1. Klakson
Sering kali banyak pengguna motor yang memodifikasi klakson motornya dengan klakson mobil. Sebenarnya ini tidak dianjurkan karena klakson mobil membutuhkan tegangan listrik yang lebih.
iki iklan
2. Kiprok
Kiprok adalah komponen kendaraan yang berfungsi membatasi tegangan listrik dari generator atau yang biasa disebut dengan spull. Cara kerja sepull berdasarkan putaran mesin . Semakin cepat putarannya semakin tinggi juga tegangannya , begitu pun sebaliknya. Spull berfungsi mencarger atau mengisi ulang aki maka dari itu dbutuhkan kiprok untuk memfilter tegannya agar setabil . Jika kiprok rusak maka yang terjadi adalah aki overcharging atau sebaliknya.
3. Bore up
Para biker melakukan bore up guna meningkatkan kapasitas mesin jika tampa diimbangi dengan mengupgrate elektrik setarter maka karene kompresi yang tinggi elektrik starter harus bekerja lebih keras, jika terus dipaksakan maka akan menyebabkan aki cepet tekor.
4. Lampu HID
Lampu HID memang nyala lebih terang dari lampu standar ,  namun lampu HID memerlukan tegangan listrik yang lebih . Jika tidak mengupgrate juga sistem kelistrikannya pasti aki akan cepet tekor.
5. Stop lamp
Ini sering terjadi , padahaltuas rem tidak ditekan namu stop lamp terus menyala bila tidak segera diatasi maka listrik akan terus mengalir dan menyebabkan aki tekor . Penyebabnya adalah switc stop rem yang rusak atau eror.
Itulah beberapa penyebab aki tekor.
Share
modifikasi.org

seorang bloger pemula yang ingin menjadi pro

Recent Posts

Tips cara mengendarai motor saat banjir

Saya dua kali nerjang banjir pakai motor Byson lama saya…seru lho.. Haha Jadi awalnya sekitar tahun 2012,saya kerja PP Alam… Read More

modifikasi motor yang aman namun tetap keren

Jika anda ingin memodifikassi sepeda motor anda cdengan hasil yang keren nemun etap aman  . anda bisa menggunakan cara di… Read More

Alasan motor ber CC besar (lebih dari 150CC) menggunakan kopling manual

pengertian kopling otomatis Yang disebut kopling otomatis di motor adalah alat tersendiri berjenis kopling sentrifugal, selain kopling transmisi. Ya, ada… Read More

Jenis Jenis Modifikasi sepeda motor

ada banyak sekali jenis modifikasi kendaraan ber motor terutama sepeda motor ssekarang ini apa saja kah jenisnya . mari kita… Read More

modifikasi motor yang membahayakan pengguna lain

apakah modifikasi kendaraan itu bisa membahayakan pengguna jalan yang lain .?? faktanya sih memang ada beberapa modifikasi kendaraan yang tanpa… Read More

Kumpulan Foto Gambar CBR

Langsung saja tanpa basa basi nih aku ksih foto foto dan gambar honda cbr terbaru terkeren khusus buat kamu semua… Read More

This website uses cookies.