Cara Rengatasi Rem Cakram Tidak Pakem

Cara Mengatasi Rem Cakram Tidak Pakem 
Infomodifi.blogspot.com
Infomodifi.blogspot.com


Rem adalah komponen utama pada kendaraan bermotor yang harus selalu dalam keadaan prima. Mengingat fungsinya adalah sebagai alat untuk menahan dan menghentikan laju kendaraan tersebut. Namun seperti komponen kendaraan yang lain , lama kelamaan pasti akan mengalami kendala . Apa lagi sering digunakan pastinya akan cepat turun performanya. Yaitu yang pastinya adalah rem tidak pakem atau ngeloss saat digunakan atau saat tuas rem ditekan.


Rem yang saat ini sedang berkembang pesat dan dibuat oleh pabrikan adalah rem jenis disc brik atau biasa disebut dengan rem cakram . Karena dinilai rem cakram lebih efektif dan lebih pakem dari pada rem tromol. Sama halnya dengan rem tromol , rem cakram juga lambat laun pasti akan mengalami kendala seperti rem tidak pakem.

Rem yang tidak pakem  bisa disebabkan oleh beberapa faktor , diantaranya rem magel atau keras (seperti yang telah saya jelaskan di artikel sebelumnya), kampas rem yang sudah menipis, atau karena adanya gelembung udara yang masuk pada sistem rem cakaram.

Rem magel atau keras sudah saya jelas di artikel sebelumnya , silahkan dicek.

Kampas rem sudah aus atau tipis bisa dilihat tanda tanda tanda nya langsung di kampasnya karena pada rem cakram kampas rem bisa terlihat karena berada diluar. Ciri cirinya yaitu kampas suda mepet ke besi atau plat pada rem tersebut atau plat besi kampas sudah mepet pada cakram. Ciri ciri yang lain adalah adanya suara brisik yang bersumber dari rem cakram tersebut. Bila ini yang terjadi sebaiknya segera diganti saja agar lebih aman saat berkendara.

Dan jika rem yang tidak pakem karena adanya gelembung udara pada sistem , ciri cirinya adalah jika tuas rem ditarik terasa ngeloss begitu saja tanpa mau mengerem padahal kampas rem masih tebal. Ini sudah dapat dipastikan adanya gelembung udara pada sistem rem tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan membleeding nya. Bagaimana caranya ..??
Berikut adalah cara membleeding,

  • Pompa rem dengan menarik tuas rem berulang kali , ini bertujuan agar udara palsu yang ada pada sistem rem tersebut berada dibawah.
  • Tahan tuas rem setelah rem dipompa dengan tidak brhenti dan langsung ditahan.
  • Dengan keadaan tuas ditekan dan ditahan kendorkan baut nepel atau baut saluran pembuangan . Secara berlahan sampai udara bercampur minyak keluar.
  • Setelah udara keluar segera langsung kencangkang baut nepel agar tiak ada lagi udara yang masuk.
  • Ulangi beberapa kali sampai udara benar benar tidak ada lagi udara palsu yang ada pada sistem

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rem cakram tidak pakem.

0 Response to "Cara Rengatasi Rem Cakram Tidak Pakem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel