Mengatasi Oli Rembes Keluar Mesin

Mengatasi Oli Rembes Keluar Mesin
infomodifi.blogspot.com
infomodifi.blogspot.com


Barang kali ada sobat yang sedang mengalami hal seperti ini atau pernah mengalami hal seperti ini . Oli tiba tiba rembes keluar mesin tanpa kita sadari . Ini adalah hal yang lumprah dan sering terjadi pada kendaraan ber motor. Biasanya terjadi pada motor yang sudah lama .

Oli rembes ke mesin yang sering terjadi adalah rembesan oli yang rembes keluar mesin melalui  tutup saluran pengisian oli dan saluran pembuangan oli untuk mengetap oli . Namun bisa juga terjadi oli yang rembes dari blog mesin.

Kenapa bisa terjadi ..?? apa penyebabnya ..??

Bila oli yang keluar dan rembes melalui atau dari tutup saluran pengisian oli , ini bisa jadi karena saat memasang tutupnya kurang kencang sehingga saat mesin berputar atau nyala oli bisa muncrat dan keluar dari tutup tersebut.

Solusinya adalah dengan mengecek ulang apakah tutup sudah benar benar tertutup rapat dan kencang atau belum . Jika sobat sudah memastikan semua rapat dan kencang namun masih saja oli mrembes keluar ini bisa saja karena karet sill yang ada pada tutup itu suda aus dan rusak , atau sudah mengeras dan rusak.

Jika karena sill yang rusak solusinya adalah dengan mengganti sillnya tersebut. Atau bisa juga menggunakan solatip yang biasa dingunakan untuk mengganjal peralon. Yang lebih extream lagi dilapisi lem shiller.

Bila oli yang rembes keluar mesin ter jadi pada bagian bawah mesin dan biasa menetes kebawah , ini sumber masalahnya adalah pada baut tutup saluran pembuangan oli. Mungkin baut tersebut kurang kencang , aus atau slek dan cara masangnya yang tidak benar . Pemasangan baut harus benar lurus dan tidak miring karena kalau sampai miring selain oli dapat rembes keluar , ulir pada baut dan juga ulir pada mesin akan rusak dan bisa mengeluarkan dana yang lebih.

Jika masalahnya karena baut yang kurang kencang sebaiknya segera kencangkan baut tersebut. Bila sampai terlambat baut bisa capot dan oli keluar semua . Bila ini terjadi saat motor berjalan bisa merusak seluruh komponen mesin.

Bila sudah kencang namun oli masih bisa merembes  itu dikarenakan baut penutupnya yang sudah rusak . Solusinya yaitu bisa dengan melapisinya dengan solatip pralon adau dengan siller . Namun alangkah baiknya segera diganti saja.

Yang terakhir bila oli yang merembes keluar ada pada blog mesin , sudah dipastikan itu dikarenakan paccking pada blok mesin yang sudah rusak. Solusinya dengan segera ganti packing tersebut atau bisa dilapisi lem siller . Lem siller digunakan untuk sementara saja.

Bila masalah masih berlanjut segera bawa kendaraan sobat ke bengkel sobat. Dan jangan lupa rawatlah kendaraan sobat seperti saudara sendiri hehe.  Karena perawatan kendaraan yang benar secara berkala akan menjadikan umur kendaraan tersebut tahan lama atau tidak .

Itulah penyebab oli rembes keluar mesin dan solusi cara mengatasinya .
Semoga bermanfaat buat kita semua.

4 Responses to "Mengatasi Oli Rembes Keluar Mesin"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel