Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih Dan Solusinya

Penyebab motor mengeluarkan asap putih dan solusinya
Image : sisidunia.com

Pernahkah sobat melihat atau mungkin sobat sendiri mengalaminya , motor 4-tak tapi mengeluarkan asap putih atau hitam ..?? . Saat ini hampir semua pabrikan dengan desain ramah lingkungan salah satunya dengan mengeluarkan motor injeksi .

Namun hal ini juga tak luput dari berbagai masalah. Salah satunya yaitu kenalpot motor mengeluarkan asap putih atau bahkan hitam . Ini terjadi karena adanya pembakaran yang tidak sempurna ruang bakar tercampur dengan oli.Jika sibat mengalami hal seperti ini jangan panik , segera cari penyebabnya .

Ini beberapa Penyebab motor mengeluarkan asap putih dan solusinya.

1. Ring piston aus.

Ring piston berfungsi menjaga kerapatan piston dengan dinding silinder. Namun karena gesekan antara ring piston dengan dinding silinder ini terus menerus , lambat laun pasti ring pistos akan mengalain keausan . Bila ini terjadi oli dari calter yang notabene sebagai pelumas ikut rembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Hal ini yang menimbulkan kenalpot mengeluarkan asap putih.
Solusinya yaitu dengan mengganti ring piston tersebut.

2. Piston baret atau lecet .

Saat sobat mengganti oli sebaiknya perhatikan dulu apakah ada kotoran yang ikut tercampaur dalam oli tersebut atau kotoran yang masuk ke mesin . Karena bisa saja kotoran tersebut melukai atau membuat baret pada piston . Jika hal ini terjadi maka oli dalam bak akan merembes melalu  baret ter sebut dan masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar.

Solusinya yaitu dengan menganti piston dengan yang baru. Jika yang baret adalah dinding silindernya bisa di bore up sekalian dan diganti piston yang lebih besar.

3. Sill klep keras .

Lambat laun pasti sill klep akan mengeras . Jika ini terjadi oli yang da pada silinder head atau kelpala silinder akan turun dan menyebabkan oli ikut terbakar. Solusinya yaitu dengan mengganti klep yang baru.

4. Klep bocor .

Klep bocor kemungkinan terjadi karena adanya penumpukan kerak pada bibir klep . Atau karena permukaan klep yang sudah tidak rata. Solusi cara mengatasinya adalah dengan melakukan sekur ulang (menyekurnya) dan jika sudah tidak memungkinkan untuk digunakan sebaiknya segera diganti saja.

Jika kendaraan sobat mengalami kenalpot mengeluarkan asap putih sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Karena jika terlambat ditangani pasti akan merembet ke komponen yang lain dan membuat kantong semakin menipis.

2 Responses to "Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih Dan Solusinya"

  1. Banyak juga ya penyebabnya.
    Btw, utk memperbaikinya biasanya kena berapa ya di bengkel?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel