Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Depan Keras


Rem merupakan komponen penting dalam kendaraan . Karena fungsi rem adalah untuk mengurangi kecepatan pada saat melaju dijalanan yang menurun ataupun di jalan yang normal, dan juga digunakan untuk menghentikan laju kendaraan . Oleh sebab itu rem harus selalu dalam keadaan yang prima, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dijalanan.


Namun kondisi rem terkadang sering terasa tidak pakem . Hal ini sering dialami oleh banyak biker. Rem yang tidak pakem bisa disebabkan oleh kampas rem yang sudah aus dan menipis , ini harus segera diganti.

Penyebab lain bisa juga karena adanya gelembung udara yang ada pada sistem . Bila terdapat gelembung dalam sistem solusinya hanya dengan dibleeding saja mungkin sudah kembali normal.

Namun kita kadang juga mengalami rem terasa keras saat dicengkram saat mengerem tpi masih tidak pakem atau biasa disebut dengan magel. Penyebabnya yang umum adalah pada master rem yaitu pada pistonnya .

Rem yang keras itu karena piston rem pada master rem kotor atau rusak . Solusi yang tepat adalah dengan membongkar master rem tersebut dan dibersihkan master rem  dan pistonnya , bila sudah rusal sebaiknya segera diganti .

Sebenarnya ini bisa dilakukan sendiri dirumah asalkan ada kunci dan alat pendukung untuk melakukannya.
Berikut adalah kangkah langkahnya.

  • Pertama tama yaitu silahkan buka tuas rem terlebih dahulu.
  • Lepaskan tutup master atas.
  • Lepaskan klem pengunci piston rem.
  • Tarik keluar piston rem .
  • Bersihkan dengan airgun atau udara bertekanan tinggi atau bisa juga dengan lap majun namun ini kurang bersih.
  • Bila sudah bersih pasang kembali dan tambahkan minyak rem .
  • Jangan lupa di bleeding lagi.


Sebelum dipasang kembali sebaiknya cek kondisi piston dan karetnya. Bila sudah rusak sebaiknya segera diganti saja. Bila ingin yang mudah ya tinggal bawa saja ke bengkel terdekat tinggal duduk manis terima jadi hehehe.

Nah itu penyebab rem keras dan solusi cara mengetasinya. Yang paling penting adalah perawatan kendaraan tersebut , semakin baik perawatannya maka akan semakin nyaman dan sedikit kendala serta kerusakannya.

0 Response to "Penyebab Rem Depan Keras dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel