Ini dia!!.. Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tetap Kinclong dan Seperti Baru.

Ini dia!!..  Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tetap Kinclong dan Seperti Baru.


Rantai adalah salah satu komponen dari kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting juga bagi kendaraan bermotor.  Maka dari itu rantai juga butuh perawatan juga. Karena rantai lama kelamaan juga akan mengalami penumpukan kotoran yang bisa berakibat fatal jika terus dibiarkan. Misalnya saat kita bawa motor tiba tiba rantai putus dijalan dan jauh dari bengkel kan repot juga..

Namun perawatan dan pembersihan pada rantai tidak semudah yang dilihat dan dipikirkan,  apa lagi bila kotoran sudah sangat menumpuk plus ada karatnya lagi.  Walaupun rantai motor terlihat dari luar, pada saat membersihkannya juga tidak bisa sembarangan.  Bila kurang teliti pastinya rantai tersebut akan tetap kotor dan bisa menimbulkan kerusakan pada komponen yang lainnya jika terus dibiarkan.

Kali ini saya ada beberaoa tips cara membersihkan rantai motor biar tetep kinclong dan awet seperti baru.

Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tetap Kinclong dan Seperti Baru

1. Kenalai jenis rantai.

Perlu kalian ketahui tiadak semua rantai motor itu sama sobat,  dari beberapa sumber yang saya baca ada paling tidak ada dua jenis rantai motor berdasarkan meterialnya.,. Yaitu rantai yang terbuat dari material metal seutuhnya atau semuanya. Dan yang kedua ada yang menggunakan seal karet diantara sambungannya. Tentu saja ini berbeda cara membersihkannya.

2. Mengatur posisi motor.

Ini sangat penting karena posisi tertentu akan memudahkan kita saat membersihkan rantai tersebut.  Alangkah baiknya bila motor di standart tengah karena kita akan lebih leluasa dalam pembersihan.

3. Periksa kondisi rantai dan gear.

Ini dilakukan untuk mengetahui api akah gear dan rantai tersebut masih layak untuk digunakan. Jika rantai dan gear sudah tidak layak pakai ya tinggal ganti saja yang baru.  Kita tidak perlu repot repot untuk membersihkannya.

4. Memanfaatkan chain cleaner untuk merontokkan kotoran.

Pada tahap ini kita saatnya melakukan perontokan kotoran serta pelumas yang menempel dirantai. Karena pelumas yang menempel dirantai sudah tidak steril dan sudah bercampur dengan banyak kotoran.

5. Gosok rantai untuk membersihkannya.

Selanjutnya adalah menggosok rantai tersebut dengan sikat gigi atau sikat khusus untuk membersihkannya. Gosok sampai bersih dan kotorannya hilang semua.  Rantai yang bersih pasti kinerjanya akan lebih maksimal.

6. Bilas lagi dengan chain cleaner.

Setelah penggosokan selesai pasti akan meninggalkan sisa sisa penggosokan tersebut.  Nah sebaiknya menggunakan chain cleaner untutuk membersihkan sisa sisa tersebut dan kemungkinan kotoran yang ter tinggal akan luntur juga.

7. Keringkan rantai motor.

Ini bertujuan agar nanti saat melumasi rantai dengan chain lube akan berfungsi dengan maksimal.  Karena sudah tiadak adanya air /chain cleaner yang tertinggal di rantai.

8. Lumasi rantai dengan chain lube.

Ini adalah langkah terakhir dalam membersihkan rantai motor. Semprotkan chain lube di rantai secara teliti dan merata, tak lupa pastikan chain lube sampai ke sela sela ranta.

Itulah cara membersihkan rantai motor supaya tetap kinclong dan seperti baru.

0 Response to "Ini dia!!.. Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tetap Kinclong dan Seperti Baru. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel