Penyebab dan Cara Mengstasi Bensin Bocor dari Karburator

Penyebab dan Cara Mengstasi Bensin Bocor dari Karburator

image : otomotiften.com

Kendaraan bermotor dengan seiringnya waktu dan usia,  bisa dipastikan akan ada beberapa masalah kecil yang timbul. Baik dari kelistrikan maupun di ruang bakar.

Salah satunya adalah karburator bocor. Pada keadaan ini yang jadi masalah besar adalah karena karburator ketutup ole body. Kadang pengguna tidak mengetahui jika kendaraan yang di pakai pada karburatornya ada kebicoran. Mungkin pengguna sudah mencium bau bensin,  namun ia tidak mengetahui sumbernya.  Kecuali bila ada orang lain yang melihatnya dan mengingatkannya.

Panyebab kebocoran ini bisa jadi dari pompa bensin, selang bensin,jarum pelampung atau dalam tangki kotor akibat jarang dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal ini ( bensin bocor dari karburator) , ada beberaoa langkah pengecekan untuk mengetahui panyakitnya.

Yang pertama di cek adalah pada pompa bensin

Cara kerja pompa bensin adalah memberikan tekanan ke karburator. Kalau bensin ngucur terus, berarti katub yang ada di dalamnya sudah tidak mampu menutup dengan rapat (baik)  atu bisa dibilang lemah.

• Selanjutnya cek keadaan selang bensin

Pada selang bensin pastikan jangan ada sampai yang bolong atau sambungan yang longgar. Biasanya yang sering dan mudah rusak adalah pada ujung selang tersebut. Karena sering dicabut saat bongkar pasang karburator.

• Berikutnya adalah cek jarum pelampung

Jarum pelampung ini terdapat pada dalam karburator dan menempel pada pelampung. Jarum ini memiliki fungsi untuk mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Jika sudah tumpul atau rusak, kemungkinan bensin akan mengucur terus karena tidak bisa menutup dengan rapat dan sempurna.

• Yang terakhir cek juga bak bensinnya

Kotoran yang mengendao di bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil pada lubang baut saluran pembuangan.

Selain itu, jika motor tidak dipakai dalam waktu yang lama dan keadaan bensin kosong, hal itu bisa menimbulkan korosi di dinding rumah enampung bahan bakar. Kotoran karat yang ada di dalam tangki bahan bakar, bisa terbawa ke karburator. Hal ini menyebabkan aliran bensin tidak lancar. Oleh sebab itu kinerja jarum pelampung tidak sempurna sehingga bensin yang mengalir terus ke karburator, dan bak karburator akan penuh dan luber ke luar. Jadi bocor

Selanjutnya.... 

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengstasi Bensin Bocor dari Karburator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel