cara mengatasi rem cakram yang berbunyi

cara mengatasi rem cakram yang berbunyi


Setelah kemarin kita bhas tentang penyebab dan cara mengatasi rem tromol belakang berbunyi, kali ini kita akan bahas tentang cara mengatasi rem cakram yang berbunyi padahal kira tidak menekan rem.

Rem cakram yang berbunyi sauranya berbada dengan rem tromol dan jika tidak jeli bisa bisa kita membiarkannya karena dianggap sepele. Padahal pada rem cakram ini jika sampai berbunyi dan dibiarkan akan menimbulkan efek yang besar dan berbahaya. Jika di biarkan terlalu lama akan merusar piringan cakram.

Klo bunyi pada rem tromol adalah suara decitan, Bunyi yang biasa terjadi pad rem cakram yaitu bunyi srek srek pada piringan rem cakram. Lalu apa penyebabnya..??. Pada dasarnya penyebab rem cakram yang berbunyi sama seperti pada rem tromol namun agak sedikit berbada. Mari kita  simak di bawah ini.

Penyabab dan cara mengatasi rem cakram yang berbunyi

Kotoran menumpuk pada rem

kotoran yang menempel dan menumpuk pada kampas rem cakram akan membuat daya cengkram menjadi melemah sehingga proses pengereman akan licin dan tergelincir, inilah yang menyebabkan rem tersebut berbunyi. Hal ini juga berlaku untuk rem tromol.

Cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkan bagian bagian rem secara teratur. Apa lagi pada saat musim hujan pasti akan lebih sering membersihkannya.

Caranya adalah dengan melepas kampas rem kemudian di gosok dengan menggunakan amplas untuk mendapatkan permukaan kampas rem yang kasar dan ber tekstur.

Kampas rem habis


Karena seringnya kita menggunakan rem tersebut,maka lama kelamaan kampas rem akan habis. Jika ini terus dibiarkan akan menyisakan lapisan logam saja. Shingg pada saat melakukan pengereman akan langsung timbul suara bising. Sebab yang bergesekan bukanlah logam dengan asbes kampas rem. Namun logam dengan logam. Dan pada saat tidak melakukan pengereman pasti akan timbul bunyi juga. Sealin itu juga akan membuat cacat pada piringan rem cakram.

Cara mengatasinya sangat mudah jika kampas sudah aus dan habis sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Untuk menghindari terjadinya telat ganti kampas rem, sebaiknya selalu periksa kondisi kampas rem. Dan juga perhatikan batas pemakaian yang normal untuk kampas rem.

Piringan rem cakram catat

Piringan rem cakram yang mengalami kecacatan seperti bengkok, oleng, atau bergelombang juga bisa menyebabkan timbulnya suara berisik pada rem cakram tersebut. Penyebab piringan ini catat adalah adanya kontak fisik pada piringan tersebu. Seperti, benturan yang keras atau pengereman yang terlalu panas dan kondisi kampas rem sudah menipis.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti piringan rem cakram tersebut dengan yang baru. Atau bisa juga ke bengkel khusus yang bisa mengerjakan pengepresan dan pembubutan. Dengan catatan ketebalan cakram belum rusak parah.

0 Response to "cara mengatasi rem cakram yang berbunyi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel