Penyebab dan Cara Mengstasi Rem Tromol Belakang Berbunyi / Berdecit

Penyebab dan Cara Mengstasi Rem Tromol Belakang Berbunyi / Berdecit 


Jika anda pengguna sepeda motor yang masih menggunakan rem belakang dengan rem tromol, pasti anda pernah mengalami rem belakang tersebut berbunyi ketika di bawa jalan. Suuara yang keluar biasanya suara decutan atau berdecit kencang. Apa yang kita rasakan ketika suara decitan rem tersebut mulai keluar dengan keras. Yang pasti adalah sangat mengganggu dan juga kita akan merasa malu dengan pengendara lain yang ada disekitar kita.

Mungkin sebagian orang atau anda sendiri mengira bahwa karena hanya baru terkena air saat dikendarai. Atu terkena kubangan air yang ada di jalan. Selain itu ada juga yang menganggap bahwa kampas rem tromol tersebut sudah habis atau sudah tipis.

Perlua anda ketahui semua anggapan diatas sangat kurang tepat. Walaupun agak menyrempet nyrempet sedikit ke arah itu. Namun bukan itu penyebab rem belakang berbunyi atau berdecit.

Di bawah ini ada beberapa penyebab rem tromol belakang berbunyi dan cara mengatasinya. Baca juacara mengatasi rem cakram yang berbunyi.

Penyabab Rem Tromol Belakang Berbunyi


  • Jika anda tidak melewati jalan yang ber air atau hujan hujanan. Namun rem tromol belakang berbunyi, cek indikator ketebalan kampas rem yang ada di rem tromol tersebut. Bila indikator kampas rem masih menunjukkan kampas rem tebal, bisa di pastikan bahwa kampas rem ter sebut kotor. Dalam tromol terdapat debu hasil gesekan kampas rem dengan tromolnya. 
  • Bisa juga kare kampas rem sudah aus tapi masih tebal. Ini karena terdapat kotoran yang menumpuk di kampas rem. Sehingga debu tersebut menutup kampas rem, dan menjadikan kehilangan daya cengkramnya. Nah ini yang menimbulkan bunyi tersebut. Karena pada saat rem di tekan kampas hanya menempel pada dinding tromol dan tidak mencengkram. Ini sangat bahaya karena walaupun kita sudah menginjak rem dengan kuat tapi tidak akan bisa mengerem alias blong. 
  • Ini yang sering terjadi yaitu karena baru saja terkena genangan air atau di bawa hujan hujanandan juga lumpur . Air yang ada di jalanan pasti telah tercampur dengan berbagai macam kotoran seperti pasir atau lumpur. Pasir atau lumpur yang terbawa air tersebut akan masuk ke sela sela tromol rem belakang. Sehingga akan menimbulkan bunyi yang tidak menyenangkan tersebut. 
  • Yang terakhir bisa juga karena kampas rem sudah tipis namun inj jarang sekali terjadi. Karena kamoas rem yang sudah tipis akan segera di keatahui oleh pengendara. 


Cara Mengatasi Rem Tromol Belakang Berbunyi 

Image : google 

Dari semuanya penyebab rem tromol berbunyi yang di sebutkan di atas. Pada intinya adalah rem tromol tersebut kotor atau kampas rem kotor. Jadi cara mengatasinya adalah dengan satu cara yaitu dengan membersihkan tromol rem dan kampas rem tersebut.

Cara membersihkannya yaitu dengan membongkar rem tersebut dan dibersihkan. Agar lebih bersih dan cepat anda bisa mnyemprotnya menggunakan air gun. Untuk membongkarnya cukup mudah. Namun jika anda ingin lebih mudah, tinggal bawa ke bengkel terdekat saja.

Jika kampas rem yang sudah tipis sebaiknya segera ganti saja kampas rem tersebut. Karena akan sangat ber bahaya jika tetap dipaksakan untuk di bawa jalan. Bisa menimbulkan kecelakaan pada diri sendiri dan orang lain broooo.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengstasi Rem Tromol Belakang Berbunyi / Berdecit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel