Penyebab Rantai Berisik dan Cara Mengstasinya Dengan Mudah

Penyebab Rantai Berisik dan Cara Mengstasinya Dengan Mudah

Image : google 

Rantai merupakan salah satu komponen dari kendaran yang sangat penting dan vital. Rantai ini berfungsi sebagai penggerak roda dari mesin yang meneruskan putaran mesin ke roda melalui rantai, sehingga kendaraan tersebut atau sepeda motor dapat bergerak dan berjalan. Rantai ini tentunya terdapat pada kendaraan yang bergigi alias bukan metic. Oleh karena itu rantai juga harus di rawat dengan baik baik.

Namun yang sering terjadi pada rantai adalah masalah berisik atau sering berbunyi rantai tersebut saat dibawa untuk jalan. Kebayang kan jika motor kita sudah bersih kinclong plus motor laki yang keren, tapi saat di bawa jalan berisiknya minta ampun. Ditambah lagi pada saat dekat dengan cewek apa lagi saat boncengin cewek. Kebayang bukan malunya seperti apa..??. Pasti malu banget deh.

Nah pada kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan saya tentang :

Penyebab Rantai Berisik dan Cara Mengstasinya

1. Rantai motor kendor

Rantai kendor karena posisi rantai yang tidak pas dengan gear  yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, penyetelan rantai yang kurang pas, kondisi jalan yang tidak setabil, penggunaan motor yang tidak sesuai misalnya kelebihan beban angkut dan kebut kebutan.

Cara mengatasinya : yang pertama adalah kencangkan atau setel ulang rantai tersebut. Jika dibuat jalan jarak jauh, mengangkut beban yang berat atau kebut kebutan sebaiknya setelah digunakan langsung setel ulang rantai tersebut.

2. Rantai motor kering

Motor yang setiap hari digunakan lama kelamaan akan pelumas yang ada di rantai akan hilang dan kering. Apa lagi jika motor tersebut digunakan di jalan yang berkumpur maka pelumas pada rantai akan cepat menghilang dan kering.

Cara mengatasinya : jika rantai pada motor anda kering, anda bisa melumasinya dengan oli, atau dengan pelumas khusus rantai. Saya sarankan sih lebih baik menggunakan pelumas khusus rantai seperti chain lube untuk melumasi rantai tersebut.

3. Rantai motor aus

Semua komponen kendaraan yang sifatnya bergesekan komponen satu dengan komponen yang lainnya lama kelamaan akan mengalami keausan atau aus. Seperti rantai ini, rantai lama kelamaan juga akan aus. Kalau motor sering digunakan pastinya akan lebih cepat aus. Namun tergantung perawatannya juga. Kalau perawatannya bagus umur rantai pun akan lebih lama. Biasanya kalau rantai aus, gear pun juga akan aus dengan ditandai gear tersebut sudah runcing.

Cara mengatasinya : sebaiknya segera diganti dengan yang baru saja. Karena jika dibiarkan rantai bisa putus di tengah jalan.

Khus untuk motor honda verza150 (karena saya punya verza)  yang notabene rantai mudah berisik anda bisa menggantinya dengan gear set plus rantai milik megapro atau yang after market. Selain itu juga bisa menggunakan penahan rantai yang biasa dijual di toko modifikasi. Sekian dari saya semiga bermanfaat.
Selanjutnya..

0 Response to "Penyebab Rantai Berisik dan Cara Mengstasinya Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel