Penyebab Ban Retak

Penyebab Ban Retak 


Ban murapakan salah satu komponen kendaran yang bisa dibilang sangat penting. Karena tanpa adanya ban kendaraan kita akan terasa keras saat dibawa jalan meskipun sudah ada peredam kejut yaitu shok breker. Selain itu tanpa adanya ban velek  bisa penyok penyok ketika kendaraan dibawa jalan, apa lagi dijalan yang terjal. Sudah ada bannya saja terkadang velek bisa penyok juga.

Namun kebanyakan para pengguna kendaraan bermotor tidak terlalu memperhatikan perawatan ban. Terutama pada pengguna sepeda motor. Mereka cenderung cuek termasuk saya hehe. Terkadang BAN MOTOR yang tekanan anginnya kurang, masih saja dibuat jalan jaraknya pun jauh jauh. Malah ada yang dengan sengaja mengurangi tekanan ban tersebut. Alasannya sih agar tidak terlalu keras saat dibawa jalan.

Bahkan ada ban yang sudah gundul masih dibuat jalan saja. Padahal ini sangat berbahaya buat pengendara itu sendiri. Ban motor yang gundul bisa menyebabkan kendaraan mudah oleng dan roda selip saat di bawa jalan. Begitu juga ban yang kurang angin bisa menyebabkan kendaraan oleng.

Bicara soal ban, pasti seperti komponen kendaran yang lain. Ban juga bisa memiliki bebepa masalah. Salah satunya adalah Ban yang Retak. Entan itu retaknya disamping atau di tengah ban tersebut. Jika ban yang retak ini dibiarkan, lama kelamaan ban bisa bovor, pecah dan sobek. Bayangkan jika itu terjadi pada saat anda berada di perjalanan jauh dari rumah. Tidak bawa hp, dan dompet juga kosong tanpa ada uangnya. Apa lagi jika ban pecah saat anda ngebut dijalanan. Bisa brabe kan. Kenapa ban motor bisa retak..??, simak penjelasan dibawah ini.

Penyebab Ban Retak

  • Ban retak bisa terjadi karena kurangnya tekanan angin pada ban tersebut dalam jangka waktu yang lama. 
  • Ban sudah expaired atau kadaluarsa waktunya diganti. 
  • Ban sering terkena oli atau terlalu banyak disemir. 
  • Telapak ban kemakan separo. 
  • Sering terkena lumpur juga bisa menyebabkan ban retak. 
  • Cuaca ektream . 


Untuk mengatasinya agar tidak mudah cukup gampang yaitu dengan tingkatkan perawatan. Jika tekanan angin kurang sebaiknya segera ditambah jangan diapaksakan.  Jangan terlalu sering disemir.

Itulah Penyebab Ban Retak. Semoga bermanfaat jangan lupa lihat tips dan modifikasi lainnya di infomodifi.blogspot.com 

2 Responses to "Penyebab Ban Retak "

  1. Pertanyaannya, ban motor saya ada retak seperti di gambar, ngikutin corak tulisan sepanjang 7 cm,, apakah masih aman d pakai beberapa bulan kedepan? Angin arpertinya belum nembus

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya segera diganti .. Karena ban yang sudah retak kita tidak bisa prediksi kalau tiba tiba bocor atau meletus

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel