Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Image : sudblog.wp.com

Anda sebagai pengguna pasti pernah mengalami hal seperti ini. Saat sepeda motor yang anda kendarai tiba tiba terasa brebet saat gas ditarik atau saat anda ingin lebih cepat atau ngebut.  Mungkin juga saat ini anda sedang mengalami hal tersebut.

Jika anda mengalami hal tersebut diatas jangan lah panik. Karena hal tersebut merupakan hal yang biasa terjadi pada kendaraan bermotor terutama pada kendaraan yang sudah lama. Lalu apa penyebabnya?...  Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Penyebabnya kemungkinan karena busi yang sudah kotor dan sudah aus. Busi yang kotor atau busi yang sudah aus akan menyebabkan hambatan busi mengeluarkan percikan api di ruang bakar. Sehingga ledakan diruang bakar tidak teratur akan menyebabkan  brebet pada kendaraan tersebut.


Jika busi masih bagus, mungkin saja karena campuran bahan bakar dan udara yang disemprotkan ke ruang bakar tidak seimbang. Karena tidak seimbang andara udara yang lebih banyak dari bahan bakar atau bahan bakar yang lebih banyak dari udara, akan menyebabkan ledakan yang tidak sempurna sehingga motor menjadi brebet.

Dan bisa juga karena filter udara yang kotor. jika anda pengguna sepeda motor laki atau sport, sebaiknya cek juga bagian filter udaranya. Mungkin saja ada yang menghalangi atau menutupi lubang filter udara tersebut yang menghambar masuknya udara ke filter udara.

Selain itu semua, injektor pada sepeda motor injeksi juga dapat mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara yang masuk di ruang bakar. Jika sepeda motor injeksi anda brebet dan busi masih bagus. Kemungkinan injektornya sudah soak dan harus di setting lagi.

Injeksi
Selain itu eccu yang harus di setting lagi agar tidak brebet. Simak cara riset eccu secara manual

Carburator

Dan jika anda pengguna sepeda motor karbu, kemungkinan karburatornya kotot. Bisa juaga karena karburatornya yang sudah soak dan harus di setting atau diganti dengan yang baru. Fungsi karburator ini hampir sama dengan injeksi.

Cara mengatasi Motor Brebet 

  • Cara mengatasinya yang pertama jika masalahnya pada busi yang sudah jelek dan aus sebaiknya segera ganti saja dengan yang baru sebelum mato di tengah jalan. 
  • Bila karen campuran udara dan bahan bakar yang tidak seimbang anda tinggal menyetelnya saja cara simak di cara menyetel langsam. 
  • Salanjutnya jika karena filter yang kotor atau tertutup sesuatu ya tinggal bersihkan saja dan ambil barang yang menutupi filter tersebut. 
  • Jika masalahnya pada injeksi nya segera setting ulang /riset injeksi nya.
  • Jika karburator nya yang kotor segera di bersihkan dan diservis. Biala tidak bisa disetting ulang sebaiknya diganti saja. 

0 Response to "Penyebab Motor Brebet Saat Digas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel