Roda Depan Verza Bunyi Srok Srok, ini penyebab dan cara mengatasinya

Roda Depan Verza Bunyi Srok Srok, ini penyebab dan cara mengatasinya


Buat anda yang menggunakan dan mempinya sepeda motor Honda verza150 pasti tidak asing dengan suara srok srok di roda depan. Apa lagi buat anda yang beli baru dari dealer. Namun buat anda yang beli secon jangan khawatir jika terdengan suara srok srok di roda depan.

Buat yang beli baru dari dealer memang awal awal sih tidak terdenge suara di roda itu. Namun lama kelamaan suara tersebut akan muncul juga. Pengalaman saya sih suara tersebut muncul kurang lebih setelah satu tahun pembelian. Tapi ada juga yang baru beberapa bulan sudah ada yang bunyi.

Awalnya saya sadar dan mendengan suara berisik tersebut saat saya bawa jalan ngebut di jalan yang lumayan sepi. Tiba tiba ada suara keras srok srok di roda depan. Saya kira awalnya karena ada lumpur yang yang kut di spakbor depan, namun setelah saya bersihkan kok masih saja bunyi itu mayan keras. Tentu dengan adanya bunyi tersebut kita menjadi risih. Apa lagi jika berpapasan dengan kendaraan lain malu lah.

Oleh karena ternyata bukan lumpur atau sesuatu yang nyangkut di spakbor depan sehinga mengenai roda. Saya langsung saja bawa ke bengkel untuk ganti kampas rem tanpa cek dulu kondisi rem. Karena memang umur verza saya kuarang labih sudah berumur satu tahun. Dan ternyata setelah di ganti kampas remnya, masih saja terdengar suara tersebut dengan jelas.

Akhirnya setelah saya tanya tanya ke pengguna verza lainnya ketemulah sumber masalahnya. Ternyata penyebab utama roda depan bunyi srok srok adalah rumah spedo yang ada di sebelah kiri roda. Dalam rumah sepedo tersebut kering dan kurang pelumasan.

Cara mengetasi Roda Depan Verza Bunyi Srok Srok

  • Bila terdengar suara srok srok di roda depan verza anda, yang pertama anda lakukan adalah perikasa dulu apakah ada sesuatu yang nyangkut di spakbor depan. 
  • Jika tidak ada periksa kampas rem depan apakah masih tebal atau sudah tipis. Jika sudah tipis sebaiknya ganti dulu kampasnya siapa tahu itu adalah sumbernya. 
  • Kalau kampas rem masih tebal dan bagus,periksa kondisi piringan rem apakah kodisinya masih bagus atau sudah rusak dan tidak rata alias penyok. 
  • Jika semunya sudah diperiksa dan kondisinya masih baik semua, baru kita cek kondisi rumah spedonya. Lumasih rumah spedonya dengan cara dibuka dulu baru di lumasi dengan gemuk atau oli. 

Rumah sepedo 
Sekian semoga bermanfaat. 

0 Response to "Roda Depan Verza Bunyi Srok Srok, ini penyebab dan cara mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel