Tutup Tangki Motor Macet , Lihat Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tutup Tangki Motor Macet , Lihat Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tutup tangki verza

Tutup tangki merupakan bagian dari tangki sebuah kendaraan yang berfungsi untuk menutup tangki agar bahan bakar yang ada didalam tangki tidak keluar saat dibawa jalan. Dan tentunya juga agar bahan bakar pada tangki tidak mudah menguap dan mudah terbakar. Oleh karena itu tutup tangki bahan bakar inj dibuat dengan bahan khusus. Metode dan bentuknya juga khusus karena agar bahan bakar tetap aman dari potensi kebakaran.

Namun kebanyakan bagian ini jarang atau tidak terlalu diperhatikan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Banyak yang menyepelekan terutama oleh pemilik kendaraan sepeda motor sport yang tangkinya berada diluar atau di luar jok.

Kalau sepeda motor bebek yang tangkinya tertutup oleh body motor itu sendiri pastinya lebih aman dari tangki yang berada di luar. Karena tangki tersebut terlindungi oleh body dari panas matahari dan hujan secara langsung saat dibawa berkendara. Namun tetap harus memperhatikan tangki dan tutup tangkinya tatap harus dirawat juga.

Penyebab tutup tangki motor macet

Untuk sepeda motor yang tangkinya berada di luar, pastinya saat dibawa berkendara akan terkena panas mata hari secara langsung dan jika hujan akan terkena hujan secara langsung juga. Nah pada saat hujan ini apa lagi hujan yang sangat lebat,walaupun tangki dan tutupnya sudah sesuai setandar. Tak dipungkiri pasti akan ada air yang merembes ke sela sela tutup tangki dan juga ada yang masuk ke dalam tangki.

Jika ada air yang masuk ke tangki, lama kelamaan tangki tersebut akan mengalami korosi dan menyebabkan tangki bocor . Selain itu, jika sering terkena hujan air akan masuk ke lubang kunci pada tutup tangki tersebut yang berfungsi untuk membuka tutup tangking saat mau mengisi bahan bakar.

Nah kalau lubang kunci ini sering kemasukan air dan mungkin menggenang, ini akan menyebabkan tutup tangki itu karatan. Sehingga akan seret bahkan tidak bisa terbuka tutup tangki tersebut. TUTUP TANGKI MOTOR macet ini sering sekali terjadi pada pemilik motor sport.

Cara mengatasi tutup tangki motor macet

Nah jika tutup tangki motor anda macet, dari pengalaman teman saya cara mengatasinya yaitu dengan mnyemprotkan atau melumasi tutup tangki itu dengan cairan WD-40. Caranya tinggal anda semprotkan saja cairan tersebut ke tutup tangki yang tidak bisa di buka itu. Tunggu sebentar dan dicoba pasti akan terbuka. Karena Cairan WD-40 ini berfungsi untuk melunturkan karat.

Jika anda tidak memiliki atau mempunyai WD-40 ini anda bisa mencobanya menggunakan oli dengan cara meneteskannya sedikit saja jangan banyak banyak. Kalau masi tidak bisa atau tidak ada oli, and juga bisa menggunakan chain lube. Karena chain lube ini memiliki fungsi yang sama dengan WD-40.

Itulah Tutup Tangki Motor Macet , Lihat Penyebab dan Cara Mengatasinya. 

0 Response to "Tutup Tangki Motor Macet , Lihat Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel