Bahaya Telat Ganti Oli Mesin

Bahaya Telat Ganti Oli Mesin 


Oli merupakan pelumas bagi mesin yang berfungsi untuk memperlancar gerakan atau kerja mesin. Dan juga mengurangi gesekan antara bagian mesin satu dengan yang lainnya. Seperti gesekan antara piston dan buring. Oleh karena itu, oli ini menjadi bagian dari mesin kendaraan.

Namun, sayangnya oli ini tidak bisa bertahan selamanya. Oli pada umumnya harus diganti satu sampai satu setengah bulan harus diganti jika pemakaian normal untuk sehari hari. Tapi jika di pakai jarak jauh minimal 1000 km harus sudah di ganti.

Kenapa harus diganti??,karena oli yang sudah dipakai di mesin akan berkurang kualitasnya dan oli akan kotor karena sudah bercampur dengan kotoran dari mesin. Selain itu volume oli akan berkurang Jika telat mengganti oli ini akan berakibat fatal bagi mesin. Dan ini sangat bahaya jika sampai terjadi kehabisan oli ditengah jalan.

Bahaya Telat Ganti Oli Mesin 



Bahaya jika kita telat ganti oli akan berakibat oli kotor dan bisa membuat mesin terutama piston baret baret. Jika piston sudah baret atau tergores, maka oli bisa masuk ke ruang bakar. Sehingga oli akan ikut terbakar. Ini bisa di lihat jika keluar asap putih sampai hitam dari kenalpot.

Jika terus di biarkan lama kelamaan oli akan habis dan ini sangat bahaya. Karena mesin akan kekurangan pelumas yang  berakibat mesin panaa berlebih serta mesin hancur sampai mesin terkunci tidak bisa jalan . Yang paling bahaya yaitu jika saat di bawa jalan tiba tiba mesin macet dan terkunci di tengah jalan secara tiba tiba. Akibatnya bisa menimbulkan kecelakaan jika kondisi jalan sedang ramai.

Ini pernah terjadi kepada saya saat oli mesin honda supra saya telat ganti oli. Mesin tiba tiba terkunci ditengah jalan saat saya bawa jalan.  Untungnya jalan sedang sepi jadi tidak terjadi kecelakaan. Dan akibatnya mesin pun hancur dan harus ganti buring sekaligus piston serta stang piston nya. 

0 Response to "Bahaya Telat Ganti Oli Mesin "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel