Ini Dia Ciri Ciri atau Tanda Komstir Rusak

Ini Dia Ciri Ciri atau Tanda Komstir Rusak


Komstir merupakan salah satu komponen pendukung pada kendaraan sepeda motor. Komstir ini berada pada bagian bwah stang yang menyambungkan antara stang dan garpu atau segitiga. Fungsinya yaitu agar kita mudah dan nyaman saat mengendalikan motor. Terutama pada saat berbelok.

Bayangkan saja jika tidak ada komstir. Pasti saat berbelok setang terasa berat ketika dibelokkan. Namun komstir sama dengan komponen kendaraan lainnya lama kelamaan pasti akan aus dan rusak. Apa lagi jika sering dipakai di jalan yang rusak bergelombang dan berlubang.

Karena sering terkena dari guncangan dari jalan yang rusak seperti jalan pantura , maka tidak lama kompstir pasti akan rusak. Dan gotri yang ada pada komstir akan pecah dab berkurang. Apa bila tidak segera diganti ini akan sangat mengganggu kita dan berbahaya . Karena pasti akan mengganggu kita dalam mengendalikan kendaraan sepeda motor.

Namun pemilik sepeda motor kadang bingung dengan crici ciri atau tanda komstir rusak. Ciri ciri Komstir yang sudah rusak bisa dilihat dibawah ini.

Ciri Ciri atau Tanda Komstir Rusak


  • Ciri Yang pertama adalah pada saat kita belok setang terasa berat sebelah dan seakan membalik sendiri. Atau membanting sendiri. 
  • Setang terasa goyang seperti mau copot terutama saat di pakai jalan atau dikendarai. 
  • Getaran ban terasa lebih kencang dari biasanya. 
  • Terdengar suara jedug jedug ketika melwati jalan bergelombang atau lubang jalan. Rasanya ditangan seperti membentur sesuatu. 
  • Rem menjadi kurang pakem, ini tidak seperti kampas rem habis. Tapi saat melakukan pengereman ada jeda namun tidak berhenti. 


Cara mengatasi nya 

Untuk mengatasi komstir rusak, yang pertama adalah jika stang terasa goyang. Kencangjan sedikit dulu komstir nya. Karena  kemungkinan komstir nya hanya kendor atau kurang kencang. Namun jika saat direncanakan setang malah terasa berat berarti komstir nya sudah rusak dan sebaiknya segera diganti saja. 

0 Response to "Ini Dia Ciri Ciri atau Tanda Komstir Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel