Mesin Nyala Klakson dan Lampu Mati di Verza, Ini Penyebabnya

Mesin Nyala Klakson dan Lampu Mati di Verza, Ini Penyebabnya

Spedo meter verza 

Buat anda yang memiliki honda verza 150 pasti akan mengalami kendala di beberapa komponen kelistrikan .  Ini biasanya terjadi setelah beberapa tahun. Dan tentunya karena ada perubahan atau tambahan dalam kelistrikan tersebut. Seperti mengganti atau menambah klakson, lampu atau sebagainya.

Nah salah satu yang sering terjadi pada para pemilik honda verza150 ini dalam hal kelistrikan adalah lampu lampu dan spedo meter mati. Seperti yang akan saya bahas kali ini. Yaitu mesin nyala, tapi kelistrikan seperti klakson, lampu lampu serta spedo meter terutama pada lampu indikator dan indikator bensin.

Jika anda mengalami hal seperti ini, pasti anda akan kebingungan mencari sumber masalahnya. Karena jika terjadi mesin bisa dinyalakan tapi lampu dan klakson tidak mau menyala ini biasanya aki masih normal. Bahkan walaupun sudah ganti aki, lampu dan klakson tetap tidak akan nyala.

Oleh karenya itu jika terjadi kasus seperti ini, sebaiknya cari dulu sumber masalahnya. Jangan langsung mengganti aki nya. Penyebabnya anda bisa lihat di bawah ini.

Penyebab Mesin Nyala Klakson dan Lampu Mati di Verza

Jika anda mengalami mensin verza nyala alias bisa dihidupkan tapi klakson dan lampu mati, anda visa cek komponen berikut .


  • Sekring verza 

Sekring verza 

Yang pertama kemungkinan penyebab nya karena sekring yang sudah putus. Oleh karena itu jika terjadi kasus seperti ini, sebaiknya cek sulu akinya apakah ada yang outus atau masih normal semua.  Tapi ingat kalo masih pada nyambung jangan di tikung... :)


  • Aki/accu 


Jika sekring masih bagus semua, Selanjutnya cek aki/accu apakah aki sudah soak atau masih oke. Cara mengeceknya dengan mudah yaitu dengan memakai aki yang lain yang masih bagus. Anda bisa pinjam ke teman anda dulu atau keluarga yang punya aki motor yang masih bagus. Lalu ganti aki anda dengan aki/accu yang anda pinjaman tadi. Jika nyala semua seperti sedia kala, berarti memang aki/accu anda yang sudah soak alias sudah tidak bisa digunakan.


  • Relay 

Relay 


Nah jika semua yang dicek masih normal jaya, kemungkinan besar yang soak atau rusak ada pada riley nya. Relay ini terletak di dekat aki. Cara ceknya bisa dicoba debgan Relay yang baru.  Oleh karena itu, sebaiknya bawa saja dulu ke bengkel . Tentunya fi bengkel yang bisa coba relay yang masih bagus. Kalau memang sumber masalahnya ada pada relay sebaiknya ganti saja relay verza nya dengan yang baru.

Terima kasih semoga bermanfaat. 

1 Response to "Mesin Nyala Klakson dan Lampu Mati di Verza, Ini Penyebabnya"

  1. Maaf mau tanya gan , motor verza ane kelistrikan mati semua kecuali stater masih bisa . itu kr2 apa masalahnya. Terima kasih ,mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel