Cara Menyetel Jarak Bebas Hande Kopling

Cara Menyetel  Jarak Bebas Hande Kopling


Menyetel kopling pada kopling sebenarnya merupakan bagian dari perawatan sepeda motor. Karena jika anda kurang perhatian dalam pewatatan kopling ini akan berpengaruh pada kenyamanan anda saat berkendara.  S elain itu , penyetelan kopling yang kurang pas juga dapat menyebabkan kopling cepat aus dan rusak . Sehinga anda harus menggantinya dengan yang baru dengan waktu yang sangat pendek.

Perlu anda ketahui ( bagi yang belum tahu) semua kendaraan bermotor memiliki kopling. Namun ada yang berkopling outomatis dan juga kopling manual . untuk kopling otomatis ini biasanya terdapat pada motor bebek. Sedangkan kopling manual ini ada pada motor sport. Bedanya anda bisa lihat sendiri lah yang otomatis tidak ada handle kopling di setang sedangkan yang manual terdapat handle kopling di setang  sekaligus kabel koplingnya.

Untuk penyetelan sendiri lebih mudah yang manual, karena kita tidak perlu sampai membongkar mesin segala. Kita bisa menyetelnya langsung di handle koplngnya. Yaitu dengan mengatur jarak bebas antara handle rem dengan setang. Ini bisa kita rasakan saat kita tarik handle kopling . biasanya akan terasa panjang atau pendek saat kopling bekerja ketika handle rem ditekan.


Nah kali ini saya akan menberi tips cara menyetel  jarak bebas handle kopling. Sebenarnya sih sangat mudah sekali caranya. Kita tinggal mengatur nya dengan muter muter bautnya . Namun , gak sesederhana itu karena yang paling susah itu mendapatkan posisi yang pasnya . karena kalau tidak selain kita tidak nyaman juga akan menbuat umur kampas koplng menjadi lebih pendek alias cepat aus. Caranya anda bisa simyak  di bawah ini.

Cara Menyetel  Jarak Bebas Hande Kopling

  • Untuk menyetel kopling manual sebaiknya anda lumasi dulu  kabel koping sengan oli agar tiadak seret dan macet tentunya. 
  • Kendurkan baut pengunci setelan di handle.
  • Putar baut penyetel tersebut ( putar searah jarum jam untuk mendapatkan jarak bebas handle semakin sempit dan putar berlawanan arah jarum jam agar jarak handle semakin melebar).
  • Setel  jarak sesuai dengan ukuran yang ideal.
  • Setelah itu , selanjutnya setel kopling bagian bawah. Caranya menggunakan kunci pas kendurkan baut pengunci lalu putar mur penyeteal seuai dengan arah saat menyetel baut penyetel yang diatas.
  • Kencanggan mur peyetel sambil menahan mur pengunci tadi agar tidak bergerak .

setelan kopling atas

setelan kopling bawah

Cek setelan kopling dengan cara megendarai sepeda motor anda. Jika setelan dirasa belum pas dan nyaman anda bisa setel ulang. Dan jika sudah pas maka anda akan berkendara dengan aman dan nyaman.

1 Response to "Cara Menyetel Jarak Bebas Hande Kopling"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel