Cara Menyetel Kopling otomatis di Sepeda Motor

Cara Menyetel Kopling otomatis di Sepeda Motor

Seperti yang kita ketahui kopling sepeda motor memiliki dua jenis yaitu otomatomatis dan manual.  Anada bisa lihat di artikel lainnya dengan judul cara menyetel jarak bebas handle kopling.Untuk cara menyetelnya pun berbeda. Di artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara menyetel kopling manual pada sepeda motor. Nah untuk kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menyetel kopling otomatis di sepeda motor.

kopling otomatis sepeda motor


Untuk menyetel koplng otomatis ini sebaiknya anda siapkan peralatannya dahulu. Peralatan yang dibutuhkan yaitu kunci pas dan obeng min(-). Kunci pas digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan baut mur pengunci. Sedangkan obeng min(-) digunakan untuk menyetel baut penyetel kopling. Penyetel kopling otomatis sepeda motor ini umumnya terdapat di bak kopling yang berada di sebelah kanan mesin. Proses dan  langkah cara penyetelannya anda  bisa lihat di bawah ini.

Cara Menyetel Kopling otomatis di Sepeda Motor

  • Langkar pertama yaitu kendorkan mur pengunci baut setelan kopling mnggunakan kunci pas.
  • Jika dirasa sudah kendor putar baut setelan kopling kearah berlawanan jarum jamhingga terasa mentok.
  • Selanjutnya putar baut pelan pelan searah jarum jam,kurang lebih seper empat hingga seper delapan putaran.satu putaran obeng sama dengan 90 derajat , maka anda hanya butuh memutar kurang lebih 11 sampai 12 derajat saja.
  • Coba rasakan setelan apakah sudah pas atau belum.
  • Jalan kan sepeda motor dan rasakan perpindahan giginya.
  • Jika sudah benar benar pas kencangkan lagi mur penguncinya. Caranya sambil menahan baut penyetelnya menggunakan obeng min tadi agar setelan tidak berubah ,selanjutnya tinggal kencangkan murnya.


Sebnarmya cara menyetel kopling ini sangat sederhan dan mudah . Namun banyak orang yang belum mengetahuinya taupun malas melakuakannya.  Sehingga banyak yang mengabaikannya. Tak hanya itu , saat melakukan service kendaraan pun terkadang kita  tidak meminta untuk menyetelkan koplingnya.  Nah setelah anda baca artikel ini sebaiknya jangan menyepelekan setelan kopling lagi ya sob.

Terima kasih semoga bermanfaat . jangan lupa baca artikel lainnya di sini

0 Response to "Cara Menyetel Kopling otomatis di Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel