Ciri Ciri Kemungkinan Kopling Sepeda Motor Rusak

Ciri Ciri Kemungkinan Kopling Sepeda Motor Rusak


Kopling merupakan bagian dari komponen suatu kendaraan yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutusantara mesin dan transmisinya agar nyaman saat perpindahan gigi persenelling. Dan seperti yang kita kethui bahwa suatu komponen benda yang saling bergesekan dan digunakan secara terus menerus maka lama kelamaan bisa terjadi kerusakan dan aus.

Nah untuk kopling ini biasanya terdapat didalam blok atau bak kopling yang tidak bisa terlihat langsung olrh mata kita tanpa membuka bak kopling nya. Jadi untuk mengetahui bahwa ada indikasi kerusakan pada kopling kita perlu memakai perasaan kita saat berkendara . dan kita harus memiliki perasaan yang kuat terhadap kendaraan kita , seperti perasaan kita terhadap orang yang kita cintai hehehe.


Oleh karena itu saya akan berbagi pengalaman saya untuk mengetahui bahwa ada kerusakan pada kopling sepeda motor kita. Yaitu seperti berikut.

Ciri Ciri Kemungkinan Kopling Sepeda Motor Rusak

Kopling yang rusak biasanya ditandai dengan handle kopling yang terasa berat dan keras (untuk kopling manual). Dan terdengar suara berisik pada bagian kanan sepeda motor serta tenaga sepeda otor kita melemah ,jadi saat kita tarik gas seperti hanya ngeden saja dan motor tidak mau lari. Dan untuk koplng otomatis biasanya saat perpindahan gigi tersa berat dan kasar. Ini adalah ciri ciri umum dan mudah diketahui jika kampas kopling aus atau ada kerusakan pada kopling sepeda motor kita.

Selain itu ada ciri ciri lain jika kemungkina kopling sapeda motor kita terindikasi rusak seperti :

  • Mesin sepeda motor mengeluarkan suara keras saatperpindahan gigi. Namun tarikan motor tidak terasa.
  • Tuas kopling sudah terlalu dalam , ini berarti kampas kopling sudah habis (untuk kopling manual).
  • Pergantian gigi tidak lancar (berat) bahkan kadang sering selip .
  • Saat gas di tarik sepeda motor tidak mau jalan atau jalannya berat seperti tidak ada tenaga.
  • Saat di jalan yang nanjak sepeda motor tidak bertenaga padahal gas sudah penuh.


Nah itulah ciri ciri jika ada indikasi kerusakan pada kopling sepeda motor anda. Jika anda mngalami ciri ciri seperti di atas pada sepeda motor anda, maka alangkah baiknya segera bawa sepeda motor anda ke bengkel untuk  mengecek kopling sepeda motor anda apakah ada kerusakan atau hanya kampas koplingnya saja yang sudah habis atau aus.

0 Response to "Ciri Ciri Kemungkinan Kopling Sepeda Motor Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel