Tips Memilih Gasket atau Packing yang Benar

Tips Memilih Gasket atau Packing yang Benar

Bagimana cara memilih gsket packing yang benar ?. untuk lebih tepatnya atau simpelnya tips melih gasket paacking  ini yaitu kenali bahannya , ketebalanya,dan mau dipakai gasket packing tersebut. Jika slah dalam pemakaiannya bisa bisa motor malah jebol.

Jika ingin aman  , tentunya pakai gasket ori bawaan motor. Karena sudah standart dan rekomendet dari produsen speda motor  . Tapi jika anda ingin menghemat , tidak ada salahnya memakai produk aftermarket. Sebenarnya agak susah kalau dilihat dari kasat  mata. Namun yang paling mudah muadah yaitu dengan melihat kerapian finishin lubang lubangnya. Selain itu anda juga bisa melihat dari segi warna dan ketebalannya.  Berikut adalah penjelasan singkatnya.


Warna gasket / packing


Warna bisanya mengandung arti . contohnya packing kertas untuk yamaha mio, pangking untuk blok,karter dan CVT berwarna hijau. Kuat terhadap gencetan atau tekanan dua komponen. Sedangkan yang KW berwarna hitam. Dan biasanya amblas saat di tekan.


Pada saat pembelian packing kertas pastikan bentuk dan dimeensinya harus sama. Biasanya packing berkualitas yaitu yang dibuat oleh pabrikan atau after market khusus racing kit.


Ketebalan gasket/ packing


Pilihlan packing yang tidak terlalu tebal, karena dikhawatirkan memiliki material berupa serbuk asbes halus. Ini sangat rawan melebar ketika packing di pasang . dan dijepit diantara bagian blok mesin. Jika melebar saat di tekan l, lubang aliran oli sangat rawantertutup pecahan packing . resikonya mesin jebol akibat kurangnya pasokan pelumasan oli.

Buat packing yang terbuat dari tembaga /plat tidak ada masalah selama ketebalan tidak ada grove (lekukan) yang ada di packing masih nyembul alias tidak rata.


Harga gasket / packing


Pada umumnya terdapat duajenis kemasan gasket ,ada yang fullset dan top set. Fullset berarti kemasan dengan isinya gasket lengkap untuk crank case , bk kopling, bak magnet sampai kepala silinder. Sedangkan yang topset hanya bagian kepala silinder keatas saja serta sil klep.

Untuk harganya sendiri berfriatif antara Rp 25 ribu samapa Rp 100 ribu.

Demikianlah Tips Memilih Gasket atau Packing yang Benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat artikel menarik lainnya di sini.

0 Response to "Tips Memilih Gasket atau Packing yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel