Memasang Riser (dudukan peninggi setang) Sendiri ,Mudah Sekali

Memasang Riser (dudukan peninggi setang) Sendiri ,Mudah Sekali

Dudukan peninggi setang atau biasa yang disebut riser ini berfungsi untuk menambah tinggi posisi setang pada sepeda motor laki pada umumnya . Namun untuk sepeda motor seperti matic atau motor bebek juga bisa di pasang . Tapi tentunya untuk yang sudah dimodifikasi dan fungsinya juga berbada yaitu sebagai dudukan setang saja .

Bagi modifikator riser ini juga bisa digunakan sebagai assesoris saja untuk membuat tampilan yang lebih bagus . Tentu saja posisi setang akan terasa lebih tinggi dari yang setandart .  Jadi, posisi duduk juga akan terasa berbeda .

Riser ini juga ada dua macam yaitu riser setandart yng lurus dan riser miring . Bedanya riser lurus ini hanya menaikkan posisisi setang . Sedangkan yang miring fungsinya untuk menaikkan posisi setang dang menindahkan posisi setang jadi lebih ke belakang .

Riser tegak terpasang di honda verza

Sehingga setang akan lebih dekat dengan tubuh kita saat berkendara .
Soal kenyamanan sih menurut saya relatif ya . Tergantung orangnya dan keadaan orang yang berkendara tersebut . Juga jenis dan mereknya , nah untuk ini biasanya dilihat dari awet atau tidaknya riser tersebut .

Kenapa sepeda motor saya dipasang riser ..??


Awalnya saya tidak kepikiran dan tidak mau memasang risser di sepeda motor saya . Karena tanpa ditambah riser saja setang sudah terasa tinggi dan nyaman .

Sepeda motor saya saat ini adalah Honda Verza150 dangan posisi setang yang pas dan sangat nyaman untuk berkendara jarak jauh , bagi anda pengguna Verza pasti sudah tau lah soal ini . Dan juga pasti saat mengunci setang kita tidak biasa menutup magnet penutup saat di kunci setang karena pasti kunci kontak akan mentok setang saat akan membukanya .

Nah kenapa sepeda motor saya dipasang riser , karena saat ini sepeda motor saya suda diganti setangnya dengan setang vixion kalo gak salah (karena dapat dari hibah orang lain hehe..) yang posisinya agak lebi pendek dari setang ori verza .

Sebelumnya juga saya masih kekeh tidak mau ditambah riser . Tapi karena tangki sudah saya kasih kondom tangki , jadi setang mentok dengan tangki saat berbelok . Dan akhirnya saya berpikir harus dipasang riser nih . Akhirnya saya pasang juga.

Memasang riser dengan mudah sekali di rumah sendiri ..


Untuk prmasangan sendiri , saya pasang sendiri di rumah . Pumpung ada alat sekaligus menunjukkan rasa sayang pada motor sendiri (maklum saya masih jomblo jadi motor ini seperti pacar saya sendiri   haha ) .

Pemasangannya sih gampang gampang susah sih dan juga harud memakai filing juga.

Nampak atas riser terpasang 

Cara memasang riser :



  1. Buka baut penyangga setang dengan kunci 12 , pakai kunci ring tau kunci palang agar lebih mudah. ( seperti saat mau ganti setang ).
  2. Selanjutnya ambil penutup setangnya dan pinggir kan setangnya sementara ( tanpa menyopot setang seutuhnya ).
  3. Pasang riser yang bawah pada dudukan setang .
  4. Baut dengan kencang ( dengan kuci L , biasanya baut udah satu set dengan riser saat beli )
  5. Pasang kembali setang dan jangan lupa tarik sedikit dan paskan kabel kopling dan remnya . Karena setang akan lebih naik sedikit .
  6. Pada saat memasang setang ini kita buh filing atau bagaimana caranya agar posisi dan panjang setang sama antara kiri dan kanan , serta psisi berdirinya setang harus pas agar nyaman saat di bawa berkendara.
  7. Sebelum mngatur posisi setang sebaiknya kita pasang penutup atas risernya yang berfungsi untuk menahan setang . Gunakan baut yang sudah tersedia tapi jangan kencang kencang dulu supaya pas mengatur posisi setang jadi agak mudah .
  8. Setelah posisi setang pas baru kita kencangkan semua baut penyangganya . Dan selesai siap di coba untuk riding .

Penutup dudukan setang 

Bagai mana , mudah sekali bukan ..??
Jangan lupa lihat semua artikel menarik di modifikasi.org ya kawan ..

0 Response to "Memasang Riser (dudukan peninggi setang) Sendiri ,Mudah Sekali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel