Baut segitiga di kencengin ,Setang menjadi berat

Baut segitiga di kencengin ,Setang menjadi berat 


Beberapa hari yang lalu saya lihat di sebuah grup tentang outomotif khususnya sepeda motor di sosial media . Terlihat ada pertanyaan yang sepertinya agak menggelitik bagi sebagian orang yang mengerti tentang outomotif . Walaupun mereka tidak sepenuhnya ngerti dan pahan serta pintar di bidang outomotif. Mereka tahu hanya sebagian saja tapi sudah sok jago alias sok pintar .

Ini terbukti dengan adanya pertanyaan tersebut tapi malah banyak komentar negatif dan bullyan . Mungkin mereka pikir si pembuat postingan ini bercanda . Ataubbahkan mereka menganggap dia ini dungu gitu saja tiadak tahu . Padahal pertanyaan sekecil itu sebenarnya bisa berpengaruh buat banyak orang . Karena tidak semua orang tahu tentang outomotif walaupun hal itu sangat kecil .

Dalam postingannya dia bertanya dengan menunjukkan gambar baut setang segitiga , ya baut segitiga atas yang letaknya dibawah setang . Dia bertanya kenapa baut ini ketika di kencangin kok setangnya jadi berat .  Kenapa bisa terjadi ..??

Nah kali ini saya akan jelaskan sedikit mengapah hal itu ( baut segitiga dikencangin setang menjadi berat) maribkita simak di bawah ini

Baut segitiga di kencangin setang menjadi berat 

Baut segi tiga pada motor

Yang pertama kita ketahui segita dalam sepeda motor ini berfungsi untuk menyatukan body sepeda motor dengan setang danbroda belakang . Dan membuatnya bisa digunakan untuk berbelok dengan mudah.

Di dalam segitiga itu, terdapat beberapa part khusus . Diantaranya baut bawah dan baut atas dan di dalamnya terdapat komstir . Apakah kalian belum tahu apa itu komstir ..?.

Komstir ini bentuknya seperti adalah bearing atau bantalan . Ya hampir miriplah dengan bearing pada as roda namun berbeda .

Fungsinya yaitu untuk mempermudah dan memperhalus gerakan setang saat berbelok . Bentuknya juga bermacam macam ada yang bulat dan juga ada yang berbentuk bambu alias panjang .

Nah komstir ini ditutup oleh dua baut di atas dan di bawah . Kenapa baut , karena supaya gampang saat membuka dan penggantian komstir. Nah kalau baut ini hilang bisa agak beresiko .

Komstir bisa lepas dansetang rusak susah beloknya . Cari bautnya juga susah di bengkel resmi belum tentu ada . Karena itu sangat disayangkan sekali masih banyak yang membullynya .

Padahal itu pertanyaan bagus sebenarnya . Oleh karena itu baut ini harus kencang masangnya . Walaupun kencang gak terlalu berpengaruh pada setangnya .

Pada kasus seperti di atas ini , baut  segitiga dikencengin kok setang jadi berat , ini kemungkinan penyebab utamnya adalah komstir yang sudah minta untuk diganti dwngan yang baru . Karena jika komstir sudah tidak maka setangnya akan menja lebih berat saat berbelok .

Sebaiknya jika terjadi seperti ini lihat comstirnya kalau memang sudah harus diganti ya segera di ganti saja . Karena ini juga berpengaruh pada performa kendaraan tersebut .

0 Response to "Baut segitiga di kencengin ,Setang menjadi berat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel