CARA MEMPERPANJANG STNK LIMA MENIT LANGSUNG JADI

CARA MEMPERPANJANG  STNK LIMA MENIT LANGSUNG JADI


Kewajiban kita sebagai pemilik kendaraan bermotor adalah membayar pajak setiap tahunnya/memperpanjang stnk (surat tanda nomor kendaraan)  sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan jatuh temponya. Biasanya ditentukan oleh saat kita pertama kali mengajukan surat kendaraan bermotor atau saat pertama kali membeli motor dari dealer. Misalnya kalau kita mengajukan tanggal 5 agustus dan jadi tanggal lima itu , berarti kita harus membayar pajak setiap tahunnya di tanggal lima agustus tersebut. Dan jika kita telat kita akan kena denda. Tidak banyak sih Cuma lima puluh rribu rupiah. Tapi kan sayang juga.

Namun pada kenyataannya kita sering tidak tepat waktu karena kesibukan kita . contohnya saya sendiri yang sering telat karena tidak dapat mendapat ijin dari perusahaan untuk sekedar ke samsat untuk membayar pajak. Intinya untuk membayar pajak tahunan ini kita harus menyediakan waktu . yang lebih enaknya lagi sebelum jatuh tempo sudah kita bayar.

Yang membuat kita malas saat mau membayar pajak adalah antean yang panjang dan membutuhkan waktiu yang sedikit lama. Bisa satu jam bahkan lebih kita menunggu anttrean para pembayar pajak kendaraan. Apa lagi pada jaman sekarang ini hamper semua memiliki kendaraan bermotor baik itu yang roda empat atau yang roda dua. Maka dari itu antrean pembayaran pajak atau mmemperpanjang stnk ( surat tanda nomor kendaraan) menjadi lebih panjang .


Namun jangan khawatir saya ada sekitit tips dan syarat membayar pajak kendaraan / memperpanjang STNK Cara mempenpanjang stnk ini sangat cocok untuk anda yang bekerja Cuma lima hari saja alias hari sabtu libur. Iya hari sabtu karena samsat pada hari sabtu masih  menerima perpanjangan STNK( surat tanda nonor kendaraan) . namun hanya sampai jam sepuluh saja.

CARA MEMPERPANJANG  STNK LIMA MENIT LANGSUNG JADI



  1. Datang ke samsat pada sabtu tapi ingat harus pagi pagi karena pada hari sabtu hanya melakukan pelayanan sampai jam dua belas saja .
  2. Jangan  lupa membawa berkas berkasnya yaitu STNK asli, BPKB asli  dan KTP sesuai dengan atasnama di STNK dan BPKB. Tidak perlu difotocopy semuanya asli dan jangan lupa dimasukkan ke map kuning.
  3. Masuk ke layanan samsat cepat atau samsat online. 
  4. Kasihkan berkas berkas yang suda disiapkan.
  5. Tunggu sebentar tidak sampai lima menit STNK sudah jadi dan di perpanjang .


Cara diatas adalah untuk membayar pajak satu tahunan . kalau untuk pajak lima tahunan tetap membutuhkan waktu yang agak lama karena harus melakukan cek fisik dahulu.


  • Cara perpanjang stnk motor tahunan
  • Untuk cara memperpanjang stnk motor tahunan yang harus anda siapkan adalah berkas berkas berikut
  • STNK asli
  • Foto copy BPKB
  • KTP asli dan foto copy nya sesuai dengan nama di STNK dan BPKB.


Cara bayar pajaknya , yang pertma anda lakukan adalah siapkan berkas berkasnya seperti di atas. Datang ke samsat diusahakan pagi agar tidak antri lama. Saat datang langsung saja ke loket pendaftaran dan taruh saja berkar berkasnya tadi di meja loket pendaftaran. Tunggu sampai nama anda di panggil untuk membayar pajak sesuai besar pajak kendaraan yang di STNK. Setelah bayar tunngu lagi sampai berkasnya dikembalikan.

Cara perpanjang STNK motor lima tahunan


Untuk pajak lima tahunan syaratnya sedikit berbeda yaitu anda harus melakukan cek fisik kendaran . untuk cek fisik anda bias melakukannya di samsat langsung . oleh karena itu anda harus membawa kendaraan yang akan di bayar pajak lima tahunan. Syarat syarat yang lain sama persis dengan yang di atas.

Cara perpanjangannya pun tak jauh berbada. Bedanya anda harus mendaftar dan meminta formulir untuk cek fisik dan melakukan cek fisik kendaaraan. Yang lainnya sama saja dengan  bayar pajak tahunan. Dan  satu lagi anda harus menunggu plat nomor baru jadi .

Cara perpanjang STNK mobil 


Bagi anda yang baru pertama kali mempunyai mobil jangan bingung  bagiamana cara perpanjang STNK mobil. Tenang saja syarat dan caranya sama persis dengan cara perpanjang stnk motor ( baca di atas). Baik utuk pajak tahunan ataupun lima tahunan. Hanya saja nominal pajaknya yang lebih banyak.

0 Response to "CARA MEMPERPANJANG STNK LIMA MENIT LANGSUNG JADI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel